Friday, October 28, 2016

Bagaimana Mengurus Hiking Permit di Milford Track Secara Independen? Part 2

 
ceritaambar dalam perjalanan menuju titik akhir Milford Track yakni di Sandfly Point.




Ok, bagaimana memulai planning untuk melakukan trekking independen? Udah telanjur pesan promo tiket eh ternyata ngga dapat ijin nginap di hut dan transport. Salah satu langkah yang aman adalah pilih saat-saat yang sekiranya tidak terlalu ramai (liburan panjang anak sekolah, hari libur nasional).  

Karena Milford Track ini sangat popular, kemungkinan full booked bisa saja terjadi. So jangan pesen tiket pesawat dulu ke Christchurch atau kota NZ lainnya. Urus dokumen dan visa dulu jauh-jauh hari. Baru jika sudah positif mendapatkan slot di Milford Track segera ajukan visa NZ. Perhatikan kondisi terakhir availability untuk hut. Karena terkadang ada yang cancel beberapa minggu sebelumnya. Semua bersifat online jadi kita bisa tahu berapa slot yang masih tersedia untuk permits dan penginapan serta transport. 


DOC (Department of Conservation) di Taman Nasional membuat urutan langkah yang harus ditempuh:

1.     Tentukan tanggal saat memulai hiking.

2.     Cek ketersediaan huts disini . Ada tiga lokasi hut yang harus dipesan secara simultan yakni Clinton Hut, Mintaro Hut dan Dumpling Hut. Ini yang bikin frustasi karena sangat mungkin tanggal yang kita set bakalan ngg tersedia alias full booked. Sabar yaaah…

3.     Cek ketersediaan transport pada tanggal yang kita set tadi. Trasportasi yang perlu dibooking adalah jasa perahu dari pinggir danau Te Anau hingga awal trek di Glade Wharf juga perahu dari titik akhir track di Sandfly Point menuju ke Milford Sound. Disarankan ambil perahu menyusuri Milford Sound (pesan ransport tersendiri) sebelum kembali ke Te Anau atau Queenstown dengan bis.

4.     Jika hut dan transpot tersedia, lakukan booking segera disiniSiapkan kartu kredit Visa dan MasterCard yang bisa melakukan transaksi luar negeri. Daftar harga untuk semua transport dan hut ada disini 

5.     Jangan lupa mengambil tiket/pass sebelum memulai hiking di kantor DOC di Te Anau.


So, you’ve done!

ceritaambar melewati jembatan di Canyon Bed, Milford Track NZ

Kalau ditotal, untuk ongkos semua sesuai dengan itinerary saya dahulu adalah NZ$373 belum termasuk biaya perahu atau Boat Cruises menyusuri Milford Sound (biasanya ada diskon jika kita booking jauh hari dan bagian dari Milford Track) yang bisa dipilih melalui Fiordland Destination.  

Saran saya, nginaplah barang semalam sebelum memulai hiking di Te Anau. Selain bisa belanja logistic, juga memberikan waktu untuk mengambil kartu pass sebelum berangkat trek. Ohya kita juga diberi tas hitam sampah untuk dibawa dan dikumpulkan setelah selesai track.

Begitu kita selesai track, dilanjutkan cruising di Milford Sound dan naik bis yang sangat menyenangkan karena menyusuri jurang dan tebing tinggi. Akan lebih asyik lagi jika kita bisa menikmati ‘kesuksesan’ dengan istirahat yang cukup di Te Anau atau langsung ke kota Queenstown yang lebih hidup. Selama saya di NZ, saya selalu menggunakan International Hostelling dan cukup hepi dengan layanan mereka.

Kalau ternyata kamu ngga dapat permit dan hut, masih banyak alternatif untuk hiking disekitar Te Anau. Berikut beberapa diantaranya:


  • Lake Waikaremoana, Abel Tasman Coast, Heaphy and Rakiura tracks. 
    Untuk dewasa, remaja dan anak-anak tetap harus booking. Dibuka setiap saat. 
  • Milford, Routeburn, Kepler and Tongariro Northern Circuit tracks
    Selama musim panas (Oktober hingga April), semua dewasa, remaja dan anak tetap harus booking. Jika dilakukan musim dingin ngg perlu booking, hanya saja tetap harus mendapatkan  Backcountry Hut Pass.
  • Whanganui River Journey
    Ini ngga perlu booking tapi pada musim panas (Oktober hingga April) harus membeli Great Walk Stamp yang tidak bisa dilakukan online. 


Ok all, happy tramping!


Next: Apa aja yang perlu dibawa tramping di Milford Track dan tips lainnya. 


Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home