Friday, November 11, 2016

Logistik dan Persiapan Alat untuk Milford Track di New Zealand



Gambar 1. Logistik makanan untuk 4 hari 3 malam trekking di Milford Track, NZ

Secara umum logistik dan packing untuk Milford Track ngg ada bedanya dengan kegiatan naik gunung, kecuali ngg perlu bawa tenda dan alat masak. Yang pasti untuk melakukan Milford Track secara independen akan membutuhkan waktu 4 hari 3 malam yang disebar menginap di tiga hut yakni: Clinton Hut (malam pertama), Mintaro Hut (malam kedua), dan di Dumpling Hut (malam ketiga). 

Ketiga hut ini mempunyai fasilitas tempat tidur sederhana seperti dipan bertingkat , toilet (tidak ada shower), dapur yang bisa dipakai untuk memasak lengkap dengan pirantinya. Listrik dan gas juga terbatas. 

Berikut ini adalah list yang dianjurkan oleh pihak DOC (Department of Conservation) NZ disiniSaya belanja logistik di kota Te Anau berupa roti untuk sandwich, keju, wheat, mie, dry food siap masak (black country) khusus buat camper/hikers, buah kering buat snack, air minum secukupnya. Salah satu alat yang sangat membantu adalah panci kecil untuk memasak air cukup buat bikin teh atau kopi berdua. Secara umum cukup untuk dua orang dengan porsi bukan kuli hahaha...

Strateginya sih sebenarnya ngg sulit. Pagi hanya bikin sarapan cepat dan mudah dengan bubur wheat. Dikasih madu/gula dan garam secukupnya. Sekalian packing buat sandwich siangnya. Baru kemudian masak lagi ketika tiba di hut selanjutnya. Kadang karena sangat lelah terutama malam kedua dan ketiga, saya cuman masak secepatnya. Pokoknya kenyang dan bisa tidur untuk mengumpulkan tenaga hari berikutnya. 


Jadi begini urutannya berikut jarak:
Day 1 Glade Wharf (start line) - Clinton Hut : 5km dengan tempuh 1 hingga 1.5 jam 
Day 2 Clinton Hut - Mintaro Hut : 16.5km dengan tempuh 6 jam
Day 3 Mintaro Hut - Dumpling Hut : 14km dengan tempuh 6-7 jam
Day 4 Dumpling Hut - Sandfly Point (finish line) : 18km dengan tempuh 5.5 hingga 6 jam


Hal yang patut dijaga adalah persiapan dengan hujan. Jadi anggap saja seperti mendaki di gunung Indonesia ketika musim hujan, minus pacet. Beberapa piranti yang buat saya penting banget seperti sandal, earplug atau headphone biar ngg sepi, piring/mangkok plastik, pernik-pernik perempuan (obat, alat kebersihan spt tissue basah dsb). Walking pole sangat dianjurkan terutama ketika naik dan turun Pass yang lumayan terjal. 


Gambar 2 Interior di Clinton Hut dengan bunk bed kayu

Karena semua ini kita panggul jadi buat seringkas mungkin. Ngga perlu bawa banyak-banyak tapi yang penting lengkap. Jika kita bawa tas besar bisa dititipkan di penginapan di Te Anau ketika kita akan berangkat. Jadi bawa saja multi day backpack yang memang kita butuhkan. Backpack nyaman saya adalah Gregory Deva for Woman kapasitas 70liter yang sudah saya jajal di Everest Base Camp beberapa bulan sebelumnya. 

Sepertinya yang paling penting memang sepatu boots hiking. Untuk medan Milford Track ini dibutuhkan yang cukup tangguh. Kalau bisa tahan air dengan Gortex karena beberapa kali harus menyeberangi sungai. Gaiter buat saya perlu kalau sedang hujan untuk melindungi boots dan kaos kaki agar ngg terlalu basah. Tautan berikut adalah tips memilih sepatu boots hiking yang bisa jadi rujukan Hiking Boots: How to Choose

Alat lain seperti komunikasi seperti hape disarankan hanya untuk kepentingan emergency. Kamera bawa saja terpisah terutama karena faktor cuaca. Battery  bakal cepet abis karena lokasi memang sinyal redup menghilang. Jadi nikmatilah Milford Track jauh dari peradaban, meresapi alam New Zealand nan segar dan alami. 

Keep tramping!


Labels: , , ,

2 Comments:

At November 11, 2016 at 10:09 PM , Blogger Rina said...

Wah, pengen suatu saat Trekking di NZ

 
At November 14, 2016 at 9:51 AM , Blogger ambaradventure said...

banyak trekking di NZ ngg perlu permit dan tetep cantik banget. Mungkin malah lebih sepi dan tentram jadi berasa syahdu

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home