Monday, November 2, 2015

Bodie Ghost Adventures: Memberanikan Diri ke Kota Hantu (Bagian 2)


Bodie: Wild Wild West dan Diantara Derit Gedung Tua






Pertama kali saya membayangkan kota hantu Bodie sebagai kota yang banyak arwah atau semacam Friday the 13th itu. Tapi rupanyanya saya salah. Entahlah memang berhantu atau tidak, kota Bodie adalah kota mati. Mungkin tepatnya begitu.

Perjalanan ke kota Bodie sebenarnya hanya kebetulan. Beberapa tahun lalu (2010) kami mendaki Half Dome di Yosemite National Park di California. Lantas disambung ke Inyo National Forest. [1] Saya ngebet ke Bodie karena sebenarnya ngga jauh-jauh amat dari lokasi kemping. Yah semacam hiburan sedikit disela acara hiking yang melelahkan.

Untuk menuju Bodie lumayan berliku. Akses dengan kendaraan umum nyaris tidak ada. Apalagi tempatnya berbatasan dengan negara bagian Nevada. Agak-agak terpencil dan seperti berada entah berantah. Saya mencapai kota ini lewat Mono City atau di perbatasan Yosemite. Itupun lewat jalanan tak beraspal sebagian. Debu mengiringi kendaraan saya ketika melewati jalanan sepi.





Bodie sebenarnya adalah kota bekas tambang emas di tahun 1800an. Kalau anda membayangkan film koboi lengkap dengan bar dan saloon seperti itulah Bodie. Semula hanya dihuni 20 penambang kemudian berkembang menjadi 10 ribu penduduk di tahun 1880. Kota Bodie penuh dengan keluarga penambang, perampok, pemilik toko, preman, pekerja seksual, dan orang-orang yang berdatangan untuk mencari keberuntungan, termasuk imigran dari China.

Sebagai kota Wild Wild West, Bodie memiliki dua bank, pemadam kebakaran, satu grup band musik, beberapa surat kabar hingga sebuah penjara. Bahkan di masa jayanya, Bodie punya 65 saloon 
yang berjajar di Main St sepanjang 1mil. Dan yang pasti jalan ini dulunya penuh dengan pembunuhan, teriakan garang para pekerja tambang, atau perkelahian karena sengketa.

Setelah mencapai puncak di tahun 1880an itu, kota Bodie berangsur-angsur menyurut. Ini karena adanya kota-kota tambang emas yang lebih mudah diakses di negara bagian yang lain seperti Montana, Arizona atau Utah. Akibatnya para penambang mulai meninggalkan Bodie dan mencari keberuntungan di kota lain. Hingga di tahun 1913 secara resmi penambangan ditutup. Empat tahun kemudian jalur kereta api ditinggalkan dan rel-nya diambili. Di tahun itu populasi kota Bodie tercatat 'hanya' 120 orang. Hingga orang terakhir yang menghuni adalah di tahun 1940an.

Yang menarik disini adalah melihat bagaimana sebuah kota ditinggalkan penghuninya. Ada rumah yang tinggal kerangka dengan jendela kaca yang pecah. Dari sini kita bisa mengintip didalamnya yang nampak situasi seperti ditinggalkan. Atau penambangan yang dibiarkan terbengkalai begitu saja. Mobil dan kendaraan yang dibiarkan karatan menjadi saksi bisu peradaban manusia yang hilang.

Memotret kota mati meninggalkan kesan tersendiri. Ada kesedihan dan kengerian yang tiba-tiba muncul. Bisa dipastikan tempat ini dulu penuh manusia, tapi kemudian lenyap begitu saja 'hanya' beberapa dekade. Menyaksikan bangunan hancur seperti melihat ruh yang juga memudar. Menakutkan. Kota mati seperti ini membuat kuduk berdiri. Andai saya bisa kembali memutar waktu.


Nambah info:
[1] Rute saya waktu itu Yosemite-Inyo-Mono Lake dalam waktu 5hari4malam termasuk dayhiking di Half Dome. Kemping di Inyo dua malam go show (first come first serves basis). Bayar di tempat. Info lebih lanjut disini


Akses dan transportasi:
Lokasi Bodie ada di 
sebelah utara pegunungan Sierra Nevada, sekitar 21 km arah Timur Highway 395 di Central California. Ambil Hwy 395 ke Hwy 270 dan jalanan tak beraspal sepanjang 4.8km. Buka antara pukul 8 hingga 6 tergantung musim. Disarankan musim panas untuk berkunjung. Bayar US$7. Peta disini

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home