Friday, October 28, 2016

Bagaimana Mengurus Hiking Permit di Milford Track Secara Independen? Part 1




ceritaambar mencapai monumen yg menandai McKinnon Pass
di Milford Track, NZ.

Beberapa pertanyaan yang sampai ke saya adalah bagaimana mengurus hiking permit di Milford Track –salah satu trek terbaik di dunia? Apakah kita bisa go-show? Apakah lebih murah jika mengurus sendiri dsb. Sebelum membuat planning melakukan hiking di Milford Track secara independen ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan: 

1.  Baca tentang cuaca dan waktu terbaik untuk melakukan trek. Iyah memang cuti terbatas, masa promo tiket dsb semua serba mepet tapi sempatkan untuk mencari tahu saat2 terbaik untuk pergi ke NZ. Pihak Taman Nasional membuat brosur yang bagus, lengkap dengan peta.

2.   Kenali kondisi fisik diri sendiri. Apakah mampu melakukan trek 53.5km selama 4 hari dengan membawa keril yang berisi alat dan bahan makanan? Kalau merasa kedodoran, genjot dengan training bersifat aerobic seperti running, swimming, cycling.

3.   Tanyakan ke teman-teman yang pernah melakukannya atau join di forum untuk membicarakan faktor2 kesulitan dan bagaimana mengatasi kemungkinan2 masalah di lapangan.

4.   Kalau masalah budget itu penting, maka independen adalah satu-satunya opsi termurah. Untuk full guide plus penginapan di Milford Track yang dilakukan oleh Ultimate Hikes (agen resmi) dipasang NZ$2020-2245/adult (low season per October 2016). Ini aja kamarnya bunk house berbagi 4. Sedangkan untuk independen biaya fees dan booking adalah NZ$373 (Great Walk season) termasuk nginap di hut. Jauh banget kan? 

5.   Secara umum, jalur Milford Track sangat mudah, tertata rapih dengan penunjuk arah dimana-mana. Jadi don’t worry, rute jelas banget.

6. Trekking Independen berarti harus siap untuk masak di tempat komunal ketika menginap di huts. Jadi usahakan mempertimbangkan bekal apa yang bakal dibawa termasuk bagaimana memasaknya dengan praktis. Di hut tersedia dapur dan alat masak seperti halnya fasilitas hostelling. 

7. Booking harus jauh-jauh hari, bahkan lebih dari 6 bulan sebelumnya untuk menjamin slot pendakian. Go show sangat tidak mungkin karena nama-nama pendaki sudah didaftarkan sejak awal booking. Pergantian nama juga tidak diperkenankan. Booking hanya bisa dirubah atau dicancel yang semuanya bisa dilakukan online. 

ceritaambar menuruni McKinnon Pass di Milford Track, NZ
So, kenapa bisa mahal banget sih? Nah yang agak tricky adalah memesan walking permits dan huts tempat menginap. Ini karena jumlah pendaki yang masuk ke Milford Track dibatasi dan harus menyesuaikan dengan jadual pergerakan dan jumlah bed/bunk yang tersedia. Ngga bisa seenaknya kita pasang tenda di pinggir track.  Alasan kedua adalah terkait dengan antar dan jemput ke track itu sendiri yakni dengan menggunakan perahu. So ada tiga elemen yang harus dipesan: walking permits, huts dan transport.

Kebanyakan yang ambil independen trek adalah orang NZ atau dari negara tetangga Australia atau orang-orang yang cukup pede dan berpengalaman melakukan trekking panjang. Sedangkan yang ambil guide di Ultimate Hikes kebanyakan adalah para manca yang tidak mau direpotkan dengan ribetnya booking.

Alternatif lain jika ingin melakukan  hanya 4-5 jam trek di Milford Track  dengan rute sekitar 9-11km pp) maka Day Walk bisa dilakukan. Harga berkisar NZ$295 (dari Queenstown) ataun NZ$195 (dari Te Anau) seperti yang ditawarkan Real Journeys.

Catatan: nilai tukar per October 2016 adalah 1 NZD = 9,370.26 IDR





Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home