Monday, June 11, 2018

Tips Traveling Ke Taman Nasional Yellowstone dan Grand Teton di USA




How to get there:
Via pesawat: TN Yellowstone bisa dicapai dengan penerbangan melalui beberapa entry. Kota besar terdekat adalah Salt Lake City (SLC) dilanjutkan sekitar 4-5jam dengan kendaraan roda empat. Sedangkan bandara kecil lain adalah Cody dan Jackson di Wyoming, Bozeman dan Billings di Montana, atau Idaho Falls di Idaho. 

Via Mobil: TN Yellowstone mempunyai lima pintu masuk. Jadi perhatikan dengan seksama rute dan arah perjalanan. Pertimbangkan apakah masuk Yellostone dulu baru disambung dengan Grand Teton atau sebaliknya. Menentukan rute roadtrip ini sangat penting berkaitan dengan tempat-tempat mana yang akan dikunjungi serta arah masuk dan keluar antar TN. Jalur yang biasa dipakai adalah Grand Loop Rd yang menyerupai angka delapan. Biaya sewa kendaraan selama 8 hari dari Salt Lake City berkisar $200 tidak termasuk bensin. Catatan: sinyal handphone sangat susah didapat, sehingga tidak bisa diandalkan untuk penggunaan GPS (googlemaps atau applemaps) melalui cellphone.

Best time to visit:
TN Yellowstone dibuka sekitar minggu ketiga bulan Mei atau memasuki musim semi. Ini dikarenakan akses masuk dan jalan di TN ini bisa bersih dari salju yang tebal. Lokasi Yellowstone ini rata-rata di ketinggian 8000ft atau 2,450mdpl. Ini cukup tinggi dan bisa mengakibatkan gejala altitude sickness. Misalnya nafas jadi pendek dan terenggah-enggah, mudah capek atau pusing, dehidrasi dsb. Yellowstone menerapkan peraturan musim yang cukup ketat untuk pembukaan Taman Nasionalnya. Perhatikan tanggal buka dan tutup lokasi melalui jalur darat: Plan Your Visit  
Biaya masuk untuk Taman Nasional Yellowstone dan Grand Teton (jadi satu) adalah $25 untuk satu kendaraan. Pass ini berlaku selama 7 hari.


Akomodasi di dalam TN:
Jika ingin menginap di dalam lokasi TN, perhitungkan untuk memesan jauh-jauh bulan sebelumnya. Ini karena akomodasi sangat cepat terisi terutama di tempat-tempat favorit seperti di Old Faithful Inn.  Untuk mengunjungi TN saat musim dingin, Yellowstone menawarkan program terbatas yang biasanya cukup popular di saat bulan Desember ketika Natal dan Tahun Baru. Untuk TN Yellowstone, akomodasi dikelola oleh Xterra, semacam lembaga swasta yang mengelola TN ini dari makanan hingga penginapan. Daftar summer lodging di Yellowstone bisa dilihat disini: Park Lodges 
Untuk kelas termurah disebut Cabins yang mempunyai fasilitas terbatas tapi cukup memadai. Sedangkan sekelas paling mewah adalah di Old Faithfull Inn ($103-$525 per malam) yang merupakan landmark dari TN Yellowstone.  Penulis tinggal di Old Faithful Inn Budget Cabin ($74-$124 per malam) yang letaknya satu kompleks dengan Inn.

Untuk akomodasi di Grand Teton, mencari akomodasi tidaklah sesusah di Yellowstone tetapi sedikit lebih mahal karena sedikitnya fasilitas. Penulis menempati Cabin di Signal Mountain Lodge $174.35 per malam tepat di pinggir danau Jakson. Untuk daftar  semua akomodasi di Grand Teton bisa dilihat disini
Alternatif murah untuk akomodasi adalah dengan camping baik di TN Yellowstone maupun TN Grand Teton.

Foodies:
Secara umum untuk mendapatkan makanan termurah adalah dengan belanja di supermarket terutama kebutuhan-kebutuhan basic seperti air putih, roti, mie, ataupun bekal untuk hiking. Di dalam TN sendiri selalu ada minimart yang melayani pengunjung. Namun ada juga café dan restaurant yang menawarkan makanan tersaji. Di Yellowstone, tepatnya di Old Faithful Inn adalah hotel dan restaurant bersejarah yang menjadi keharusan untuk disinggahi. Makan malam disini harus reservasi dulu mengingat tempat terbatas. Makanan khas adalah hasil olahan dari Bison seperti steak ataupun chili con-carne dengan menggunakan daging cacah Bison. Burger dan rendang kering (jerky) bisa menjadi alternative.

PS: Tulisan ini dimuat di NatGeo Traveller. Hiking trip ini dilakukan tahun 2014. Saya tuliskan Tips nya ajah.



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home