Thursday, September 22, 2005

Menaklukan Diri Sendiri

gantsara

Buku ini bercerita tentang perjalanan 4 bulan 2700 km sendirian menembus daratan Mongolia. Ian D Robinson adalah orang dari barat pertama yang melintasi tempat yang belum banyak dijelajah dengan menggunakan kuda.


Penerbit : Harper Collins New Zealand (2004)
Paperback : 237 hal
ISBN : 1 86950 520 4
Harga : SGD8

Saya menemukan buku ini di tumpukan buku2 yang di jual di Bras Basah Complex. Nanar saya menatap tak percaya. Ah bahkan di amazon-pun sulit sekali mendapat referensi buku ini. Entahlah mungkin karena tidak terlalu populer.

Gantsara dalam bahasa Mongolia berarti sendirian. Di tahun 1992 Ian melakukannya ketika saat itu Mongolia belum terbuka untuk turisme. Belum ada peta yang memadai. Sebagian peta bahkan ditulis : Data Incomplete. Rentang perjalanan adalah dari Ulaan Bataar hingga Tavan Bogd melintasi padang dan pegunungan yang mengesankan.

Buku diawali dengan argumentasi terhadap diri sendiri tentang motivasinya. Terlalu pendek untuk menjabarkan tapi paling tidak menampilkan karakter Ian. Seorang 24 tahun Kiwi's yang ambisius dan terkadang terlalu keras kepala. Dengan bekal sedikit bahasa yang ia pelajari selama enam minggu persiapan, Ian mulai memasuki budaya nomaden suku Mongol.

Ia harus berjuang menaklukan kuda karena sungguh ia tak terlalu lihai mengendalikannya. Hidup menumpang dari ger (tenda) satu dengan yang lainnyaa. Mengganti kuda lagi, menghalau ekstrem suhu, menikmati teh cina dan kembali naik kuda. Treknya sendiri sungguh menantang. Bukan saja sangat panjang, namun benar-benar menggambarkan negeri Mongolia yang masih perawan. Kehidupan dari dekat suku Mongol tentang pola berpindah mereka. Bagaimana mereka bahkan bisa bertahan dengan hanya berbekal ternak menempuhi perjalanan seumur hidup mereka. Bagi Ian itu adalah kehormatan buat mereka.

PS : Good luck for Nef dan August Weng untuk menjelajah Kathmandu. You guys are lone rangers !!

3 Comments:

At September 22, 2005 at 11:24 PM , Anonymous Linda said...

bukunya bagus nih mbak
emang paling susah menaklukan diri sendiri ya mbak :)

 
At September 26, 2005 at 10:35 PM , Anonymous doeljoni said...

mirip filosofinya shorinji kempo : "kalahkan dirimu sebelum mengalahkan orang lain"...

common sense ?

 
At September 26, 2005 at 11:52 PM , Anonymous cavinus said...

Ambarrrr bisa bantu Julia nggak??? aku lagi bingung..kenapa kok blogku kalau di buka dg Explorer kok lain kalau di buka dg Modzilla ya??? yang lain itu Profilenya, pakai explorer profilnya yang mestinya ada di samping jadi turun ke bawah...ada tip nggak mabak buat benerinnya.Masalhnya kalau di buka dg Modzilla nggak ada masalah. Thanks ya..buat sarannya

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home