Saturday, September 10, 2005

Pulau Hantu : there's wildlife here


Link untuk lihat foto selengkapnya

"Mbar, mau ngga ke Pulau Hantu?" seorang teman menawarkan. Tanpa pikir panjang aku mengiyakan. Padahal "Ufff busyet dimana tuh?" pura-pura menyembunyikan gap-geop (gagap geography). Yo wis..pokoknya ikutan apalagi katanya ini dalam rangka field trip sekolahannya.

Pagi-pagi sudah bersiap di West Coast ferry terminal yang ternyata sebelahan dengan pelabuhan bongkar muat. Ada sekitar 25 orang yang ikutan. Semua dimasukkan dua perahu. Jeblung...weh ada AC dan tipi segala ...seumur-umur naik ferry di Singapura ngga ada fasilitas beginian (lagi2 ndeso-nya keliatan..!). Hanya sekitar 30 menitan kami sampai juga. Oh ini toh.....

Pulau Hantu menurut legenda adalah hasil dari perbuatan Jin yang mengutuk kedua ksatria yang bertarung mati2an hingga darahnya mengotori laut. Seorang satria menjelma menjadi Pulau Hantu Besar dan satunya Pulau Hantu Kecil. Keduanya dipisahkan oleh sebuah jalan menjadi seperti lagoon. Jikalau pasang naik, jalan ini bakal lenyap.

Sekitar th 80an pulau ini mengalami reklamasi sebagai bagian dari Pulau Bukom yang menjadi pusat kegiatan Shell untuk pengolahan minyak. Efeknya masih terasa, kehidupan liar belum begitu banyak,tidak seperti Pulau Ubin. Tapi walau begitu saya tetap bisa menemukan mahluk hidup disini: burung heron, grasshopper, crab, berbagai macam kerang, pohon bakau, juga ikan.

Jadi ini hasilnya...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home