Friday, December 7, 2007

Transportasi dari Bandara Taoyuan ke Taipei (vice versa)



Selama in and out negeri Taiwan ini saya mencoba beberapa macam moda transportasi. Dari berbagai pilihan saya merasa cukup mudah memilih. Jarak antara bandara Taoyuan dengan city centre memang agak lumayan, melewati pintu tol sekitar 20km. In total bisa sekitar 40-50menit dengan kendaraan pribadi. Kemacetan jarang terjadi, lalu lintas tetap bergerak walau jadi lambat.

Berikut adalah summary-nya :

1. Taxi.
Cukup banyak service taxi, dari yang biasa (warna kuning) atau yang layanan limousine (warna hitam Mercy). Taripnya sama saja sebenarnya sekitar NT$1200-1400, jadi kalau pengen serasa boss yah cobalah limo. Dengan taxi selain gampang juga bisa diantar langsung ke tujuan. Masalahnya tidak semua supir taksi mengerti bahasa Inggris. Jadi siapkan alamat dalam karakter China atau peta yang menunjukkannya.

No taksi biasa yang bisa dicall : 0932 245 242
No taksi limo/mercy : 0930405292 or 0955010609 atau contact alandai0516@yahoo.com.tw

2. Bis shuttle.
Begitu turun dari pesawat, melewati pintu imigrasi ikuti tanda Express Bus. Arahnya ke kanan, jalan sekitar 5 menit saja. Tak lama akan terlihat berderet tiket penjualan tiket shuttle bis tadi. Ada sekitar 5 services yang berbeda rute, tapi kebanyakan melewati titik penting di city centre. Taripnya sekitar NT$100-140 dengan durasi sekitar 40-50 menit.

Saya mengambil bis yang berhenti di depan Main Train Station lantas dengan MRT menuju ke tempat tinggal. Sedang daftar selengkapnya klik disini. Kalau arah Taipei menuju Bandara pergi saja ke Bus Station yang sebelahan dengan Train Station. Cari tanda shuttle bis ke bandara.

3. High Speed Rail (Taiwan HSR) disambung shuttle bis


Ini pilihan menarik sebenarnya. Alasan saya make ini hanya karena pengen ngerasain kereta cepat yang baru dioperasikan Januari 2007 lalu. Saya memilih nyegat dari Banciao station ketimbang Main Station. Yah cari suasana beda aja. Dengan MRT saya menuju Banciao dan beli tiket disana. Harganya adalah NT$130 one way turun di station Taoyuan.

Banciao lebih tenang dan menyenangkan ketimbang Main Station. Sedang waktu tempuh ke Taoyuan hanya 10 menit saja. Yups memang kereta ini memakai tehnologi Shinkansen Jepang. Beda dengan kereta cepat Maglev antara bandara Pudong ke Shanghai kota yang tiap gerbong ada panel kecepatan kereta, maka HSR ini biasa2 saja tapi walah....kenyamanannya emang yahud. Ngga terasa sama sekali, ngga pating glodhak dan remnya juga tenang. Tidak ada hentakan berarti.

Walau cuman 10 menit saya ngerasa puas, dan langsung turun mencari shuttle bis ke bandara. Nah ini yang rada aneh, ternyata jadwal shuttle ngga mengikuti jadwal kereta datang. Akibatnya ganti taksi sajalah. Ongkosnya NT$200. Kalau dihitung hemat juga karena kurang dari separuh tarip taksi penuh. Menurut pengamatan visual saya, akan ada direct link dari Bandara Taoyuan ke Taipei. Cuma kapan dilaksanakannya nah ditunggu saja.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home