Friday, August 19, 2005

Travel Tip: Cewek Backpacking Sendirian


Pertanyaan yang sering diajukan adalah : aman ngga ya cewek backpacking sendirian. Dari pengalaman saya itu tergantung pengetahuan tentang adat istiadat juga kemampuan beradaptasi dengan lingkungan merupakan faktor yang menentukan. Juga adanya perilaku yang santun turut mensukseskan acara backpacking tanpa rasa was-was. Tips berikut dari Ask Don George at LonelyPlanet.com mungkin membantu :

[1] Awali dengan pemikiran positif bahwa semua akan aman2 saja. Jika ada perasaan 'something wrong' maka percaya pada insting untuk mengatasinya. Pengalaman2 sebelumnya sering jalan di negara sendiri juga merupakan hal yang cukup membantu. Kalau perlu ambil kelas martial art (he..ehh...semangat kan !)

[2] Berjalan dengan percaya diri. Jangan takut bilang tidak (dengan sopan tentu) pada perhatian yang berlebihan. Kalau masih saja ngeyel ambil tindakan dan segera tinggalkan tempat !!

[3] Tanyakan kepada hotel/inn/hostel tempat-tempat mana yang sekiranya aman untuk dijelajahi baik siang atau malam hari.

[4] Lakukan penggalian data tentang tempat yang akan dikunjungi. Bagaimana wanita diperlakukan, bagaimana wanita berpakaian, perilaku apa yang bisa diterima dan mana yang tidak. Bila diperlukan tanyalah kepada perempuan yang tinggal atau pernah melakukan perjalanan kesana.

[5] Belajar kalimat2 kunci dalam bahasa lokal terutama : maaf, tinggalkan saya sendiri, saya baik2 saja, terimakasih dst.

[6] Buat beberapa copy pasport dan dokumen penting. Jangan berikan yang asli kepada siapapun kecuali bila melewati airport securiti atau bea cukai.

[7] Jangan memakai banyak perhiasan yang bisa memancing perhatian. Juga jangan mengenakan pakaian yang minim atau yang tidak pantas dikenakan.

[8] Jangan pamer teknologi dengan terang2an. Misalnya dengan iPod atau fancy digital camera.

[9] Simpan sejumlah uang dengan mata uang setempat di tempat yang aman jika terjadi emergency.

[10] Tinggalkan copy itinerary atau rute di kamar hotel atau front desk hotel. Atau berikan kepada seseorang yang bisa dipercaya yang bisa membantu jika sesuatu yang buruk terjadi.

[11] Bawa senjata yang handy (wadowww bukan pistol yah..). Misalnya swiss army knife yang bisa untuk apa saja, termasuk membela diri (hiks klo terpaksa kemping di taman).

Oke have a nice trips !

Tautan Artikel:
Advice For Female Traveller
Her Own Way : Advice for Woman Traveller (pdF) by Canadian Consular


Labels:

1 Comments:

At August 20, 2005 at 3:11 PM , Anonymous widie said...

Wah..traveling sendirian gimana ya..mmhh..agak2 takut kali ye..ga pede gituh..dulu neh kl pas msh 'bujang' sendiri gitu suka bgt travelling sm temen2 seh..tapi kl sendiri..atut...( mang dasarnya penakut neh..)
Tapi bermanfaat juga tuh infonya, bs dipake jg walopun sm temen atau suami ya...thanks infonya.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home