Tuesday, April 29, 2008

Nonton Planet Earth dalam Blue Ray




Saya sudah ngiler pengen nonton Planet Earth sejak dua tahun lalu. Pertama tayang di Inggris lewat BBC Maret 2006 kemudian disusul Discovery Channel setahun kemudian. Sayangnya saya cuma nonton sepotong-potong. Dari 11 episodes hanya 4-6 yang saya nikmati. Alasannya : saya ngga bisa komit di satu tempat. Juga tidak punya teve.

Beberapa minggu lalu ketika saya ultah, Mr C menghadiahkan DVD Planet Earth seri komplit. Waduh senengnya! Yang nambah seneng adalah DVD itu dalam format Blue-Ray.

Blue Ray (BD) adalah format baru untuk mendistribusikan film dengan kualitas tinggi karena mampu menyimpan data 6X lebih banyak dari HD (High Definition) DVD dua lapis. Hanya saja untuk muter-nya juga butuh BD Player dan Teve HD untuk mendapatkan hasil terbaik. Bentuknya sama saja dengan DVD hanya lebih tebal sedikit. Manteb bawaannya.

Begitu saya coba seri Pole to Pole, seri Mountains hingga Fresh Water rasanya saya pengen berdecak kagum ngga henti. Luar biasa indah! bening sekali dengan view yang mendebarkan. Saya terharu melihat Beruang Kutub yang baru keluar dari sarang dengan dua anaknya. Bermain seluncuran di salju. Juga yang berakhir tragis mati karena tak mampu mencari makan. Mulut melongo melihat jutaan burung terbang di lembah nan luas di Okavango.

Seri Mountains begitu mendebarkan saya. Menyusuri proses terbentuknya gunung hingga akhirnya menfilmkan Snow Leopard, binatang yang sudah melegenda oleh Peter Matthissen dalam buku "Snow Leopard"

Dengan kamera wideangle dan highspeed Planet Earth berhasil mendokumentasikan hal-hal yang belum pernah dilihat dalam film tentang alam sebelumnya. Seperti serangan paus pembunuh dalam hitungan 1000/detik juga buaya afrika yang mematahkan leher wildebeest. Dalam gerakan lambat itu semua seperti berdansa, tarian yang sangat mematikan. Indah mencengangkan dan mengerikan jadi satu.


Satu hal lagi adalah teknik time laspe yakni merekam dari detik per detik, pergantian musim dan perubahan tumbuhan. Rasanya bisa membedakan suasana musim dingin di antartica dan musim panas yang hanya sebentar. Atau melihat perkembangan alam seperti kabut dan mendung untuk menjelaskan fenomena perubahan cuaca.

Planet Earth banyak sekali menggunakkan foto satelit dan aerial view dengan mengambil gambar lewat heli. Dengan kamera lebar, kesan grandeur dan skala terlihat jelas. Seperti bagaimana bisa memahami sungai Amazon yang tercatat paling panjang di dunia dengan melihatnya dalam utuh. Dari atas bumi.

Secara photography, setiap scene disini cantik sekali. Walau dalam lingkungan yang berat dan sulit (malam, cahaya lemah, basah atau gerakan cepat) hasilnya luar biasa. Saya sendiri bukan wildlife photographer tapi melihat hasilnya saya selalu membayangkan gimana bisa dapet hasil seperti itu.

Rasanya menunggu dua tahun untuk menikmati ini tidaklah menyesal.


Catatan : format DVD biasa juga dah ada, kalau VCD kurang tau yaks...atau kapan bisa ditonton di Indo tanpa lewat Indovision.

Trailer-nya bisa dilihat Youtube atau Amazon (hi-def dengan penjelasan dari produser)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home