Tuesday, November 8, 2005

Phising Paypal Account

Hari ini saya menerima email dari Paypal tentang beberapa aktivitas mencurigakan yang mencoba akses account saya. Ada 4 kali upaya untuk menembus dengan dua domain dari Polandia dan dua dari Romania. Semuanya dengan IP yang berbeda. Sempat gumun juga, maklum saya ngga terlalu pinter IT. Dengan sedikit panik saya mencoba :

Langkah pertama : kontak dengan bank yang mengeluarkan credit card untuk konfirmasi adanya pengambilan uang terutama dari luar Singapura. Hasilnya : kelihatan normal, outstanding sesuai dengan yang saya perkirakan. Tapi sistem mereka tidak bisa melihat transaksi dalam tanggal dan waktu yang saya minta. Dengan asumsi kemungkinan transaksi luar S'pore memakan waktu paling tidak 2-3 hari membuat saya agak lega sedikit.

Langkah kedua : saya amati ternyata 3 minggu sebelumnya ada email phising Paypal dengan menggunakan yahoo account. Padahal ketika register saat itu saya menggunakan gmail. Satu hal juga yang mencurigakan email tsb di copy dan cc ke beberapa nama yang saya tidak kenal. Waktu itu memang saya ignored dan hanya iseng menulis account yahoo sebagai test.

Langkah ketiga (for peace my mind) : lapor ke Bank atau minta konfirmasi lagi secara lisan. Langkah ekstremnya mungkin membatalkan credit card atau account di Paypal.

Paypal saya gunakan terutama untuk membeli software berbasis perusahaan Amerika, lainnya online purchasing adalah membeli tiket atau booking beberapa trekking melalui tur operator. Karena harga retail di Singapura sebenarnya sama murahnya dengan online.

Kembali ke Paypal, saya masih belum nyenyak...

Labels:

4 Comments:

At November 9, 2005 at 2:33 AM , Anonymous hany said...

tutup kartu kredite? hehehe... langkah dramatis bombastis.

 
At November 9, 2005 at 11:56 AM , Anonymous widie said...

Wah..emang banyak terjadi tuh cerita2 kaya gitu, emnag bener kata mba Hany salah satu langkah cepat ya tutup dulu. Bank juga ngga bs apa2 khan..?

Semoga semuanya kembali baik yah..dan mba Ambar bs tidur nyanyak lagi.

 
At November 9, 2005 at 4:32 PM , Anonymous --ambar-- said...

wekss mungkin langkah drastisnya gituh, tapi kita nahan diri. Kalau sekarang ditutup kita agak kewalahan. Banyak event taon baruan neee...

 
At November 9, 2005 at 6:55 PM , Anonymous doeljoni said...

ganti account aja :D
dengan alasan kritikal gini, masak bank ybs ndak approve ?

hehehe....

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home