Friday, July 1, 2005

Virtual Reality Photography : my first contribution

Akhirnya setelah kerja keras selama tiga hari inilah the first contribution untuk World Wide Panorama. Project non komersial ini disponsori oleh the Geography Computing Facility University of California Barkeley yang website-nya difasilitasi dalam The Geo Images Project. Panorama yang dihasilkan adalah berupa immersive virtual reality photography yang mempunyai kemerdekaan untuk menampilkan 360 degree view.

Event ini dilaksanakan menyambut June Solstice. Karena itu untuk waktu pengambilan foto ditentukan oleh G Donald Bain dan Landis Bennet. Sedang servernya diserahkan ke Markus Altendorff.

Saya hanya bisa membuat cylindrical yakni tradisional VR karena keterbatasan alat dan software. Untuk kamera yang saya pakai adalah Nikon D70 dengan posisi potrait. Panohead untuk tripod memakai Manfrotto 330. Untuk project Tioman ini saya memakai software PTMac yang masih 10 hari free trial untuk stitching dan pembuatan panorama. Juga QuickTime 7.0 Pro dan juga Photoshop Element 3.0 untuk editing. Saya melirik RealViz Stitcher yang lebih powerful dari PTMac. Hanya saja saya masih menunggu konfirmasi untuk harga student edition. Untuk komputer saya memakai PowerMac.

Ironisnya dari 500 photographer yang berpartisipasi hanya saya yang dari Indonesia. Juga karya pertama ini adalah tentang Pulau Tioman sebuah pulau kecil di Malaysia. Rasanya ingin sekali mewakili keindahan Indonesia. Saat itu saya sedang tidak berada di Indonesia, tapi snorkelling di Pulau Tioman. Beberapa foto tentang Indonesia dengan tema World Heritage yang menampilkan Borobudur sangatlah menawan. Sayangnya ini bukan karya putra Indonesia.

Untuk membuat cubic dan spherical saya harus banyak belajar. Paling tidak ini sebagai langkah awal untuk next project. Salah satunya adalah membuat virtual map untuk my beloved Yogyakarta sebagai bagian dari promosi pariwisata. Sayangnya saya bukan programmer/webdesign yang bisa menghasilkan sebuah website yang cantik. Kalau ada yang bersedia saya sangat senang sekali. Cuma kayaknya proyek ini bisa disebut kerja bakti.

Website akan diaktifkan pada tanggal 5 July 2005. Saat ini hanya contributors yang bisa menikmati karya untuk tema "Water" ini. Tapi anda bisa melihat karya2 sebelumnya dengan tema beragam. Anyway saya juga masih menunggu approval dari Landis (ketar-ketir juga....)

Labels:

3 Comments:

At July 3, 2005 at 8:28 PM , Anonymous Hany said...

ck... cepet sanah pergi ke lombok! atau pulau mentawai. eh, pulau nias juga konon bagus bgt loh! aku blum pernah ke nias, sayangnya...

 
At July 8, 2005 at 8:54 AM , Anonymous --ambar-- said...

sik asik asik....jadi pengen ke lombok, mentawai, bintan, natuna, nias.....bla...bla...bla (tp bukan Batam).

 
At July 30, 2005 at 8:31 PM , Anonymous hanindyo said...

Sudah coba menghubungi Valens Riyadi? Beliau suka fotografi, punya keahlian cukup lama didalam bidang web dan internet, lama di Jogja, dan gemar menolong :)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home