Wednesday, February 9, 2005

Pendakian Cairn Gorm Winter 2004


Mt. Cairngorm in Scotland

Statistic:
Munro Region: The Cairngorms
Meaning: Blue Hill
Munro Number: 5
Munro Achievement: 4th (2004)
Height: 1244 m/ 4083 feet
Ascent : 625m
Distance : 10km
Starting Point : Cairngorm Ski Centre
Grade : hard
Day Date : Friday 26 November 2004,
Time : 9.00-15.00 (6 hours)
Weather : gusty wind, raining during ridge attempt, snowfall on peak
Temperature : moderate, 6C on the bottom, approx 1-2C on top, windchill -2C


Cairn Gorm adalah gunung tertinggi kelima di Scotland dan merupakan pintu gerbang berbagai jajaran gunung2 Munro belahan Selatan. Sebutan Munro ini adalah untuk daftar 284 gunung -gunung di Scotland dengan ketinggian diatas 1000 ft yang dibuat pertama kali oleh Sir Hugh Munro. Gunung Munro pertama yang saya daki sekitar spring tahun lalu (2004) diantar kawan Jeremy yang sudah mendaki separo dari jumlah itu. Rasanya terhormat banget diantar sama gaeknya Scotland climbers.

Rute ini disarankan Mark setelah ketidak suksesan di hari pertama pendakian di kawasan Glen Coe (Three Sisters). Karena ini classic route juga bisa dianggap ngga terlalu menuntut kemampuan fisik juga memenuhi kesenangan saya : ridge alias scrambling alias setengah rock climbing. Route menuju Cairn Gorm secara langsung sedikit membosankan karena itulah kami memilih melewati arah SouthWest menuju Coire an Sneachda.
Sebenarnya ada rute lain yang lebih menarik yakni mendaki Ben Mheadhoin tertinggi kedua di Scotland. Tapi untuk menaklukan keduanya dalam sehari butuh sekitar 10 jam solid climbing yang tentu saja butuh stamina lebih bagus.

Cairn Gorm lebih terkenal sebagai ski centre dari 4 biji yang tersebar di Scotland. Di ski park sangat mudah mendapatkan informasi cuaca dan rute yang kita inginkan. Di salah satu posnya dikhususkan untuk pengamatan pendaki dan hill walkers. Dari sini jalan kaki sekitar dua km di sebuah jalan setapak yang nampak sangat jelas. Kemudian sedikit mendaki arah timur menuju Fiacall ridge.

Cuaca agak membingungkan hari ini. Setelah dibantai dengan hujan terus menerus, pagi ini agak cerah. Namun menjelang di ridge hujan rintik2 mulai turun memaksa untuk ekstra hati2 menyusuri licinnya ridge. Dari sini bergerak sekitar SouthEast menuju trek batu yang tajam menuju puncak ridge yang berakhir di summit.

Sekitar ridge kemudian turun salju cukup lebat membuat pandangan sangat terbatas, jejak menuju puncak hanya nampak samar dan dibutuhkan navigasi yang cukup jeli. Peta topografi harus tetap handy di tangan, juga dibantu menara2 ski towing yang masih terlihat samar2.
Tak sampai 10 menit di puncak, dengan sepotong coklat plus pisang akhirnya kami memutuskan turun. Untung banget jalur turun dibuat semacam tanda trek. Biasanya tumpukan batu atau sebatang kayu yang dicat menuntun kami turun di tengah lebatnya salju. Arah turun dari Coire Raibert menuju danau Loch Avon kami berhenti sejenak. Terutama karena menikmati pemandangan. Anehnya salju berhenti dan nampak panorama sekeliling.

Kami kemudian menemukan Ptarmigan Restaurant (1080m) yang merupakan jalur kereta dari ski centre. Biasanya untuk membawa skier ke puncak dan meluncur turun dari posisi ini. Sialnya akses ke restaurant terbatas untuk climbers (diskriminasi banget !!!! ) Karena udah jengkel kita milih langsung turun gunung dan engga ngeguburis pelayan resto yang nuhun minta dimaapin.

Jalur turun disini mudah banget, karena kita tinggal mengikuti jalur yang terlihat jelas. Cuma kudu hati2 terkadang sering bingung membedakan trek jalan dengan ski. Kalau ski lagi rame biasanya dipasang pagar atau penunjuk arah hingga memudahkan kita ngambil arah.

Sampai kembali ke Ski Centre sekitar pukul 2.30pm dan kedengeran seseorang berbahasa Melayu. Waduhhh rasanya penasaran banget. Ternyata serombongan student dari Malaysia yang berharap melihat salju di puncak (yah...kudu nanjak dululah kak !). Lantas kami bertegur sapa dan tukar informasi. Ngga sedikit keheranan yang disampaikan ke saya tentang hobby "aneh" ini. Tapi namanya sudah cinta sama gunung yah.. everything I do, I'll do it for you.

salam
ambar

links :
http://www.cairngormmountain.com/
ada webcam yang direfresh dari 8.00am-5.00pm ttg scenery Cairn Gorm


Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home