Friday, December 26, 2008

Q&A Bebas Fiskal sebagai Backpacker

Berikut adalah bentuk Q&A tentang NPWP dan bebas fiskal dalam tema backpacking. Tema travel ke LN dan kondisi seseorang backpacker Indonesia dicoba dengan bahasa yang simple dan umum agar mudah dimengerti. Kondisinya adalah orang Indonesia, bekerja/non bekerja di Indonesia, dah punya paspor Indonesia, tinggal >183 hari di Indonesia, yang berarti subject pajak Indonesia.

A. Kenapa sih perlu NPWP dan fiskal?
Fiskal Luar Negeri (FLN) aka Fiskal adalah bentuk pajak penghasilan yang harus dibayar jika kita mau ke luar negeri. NPWP adalah nomor registrasi yang menunjukkan bahwa kita ini tercatat wajib pajak. So dengan punya NPWP berarti kita adalah wajib pajak terdaftar. En biar kantor pajak bisa ngontrol orang yang lari ke LN bawa duit (he he he..kidding).

B. Saya ngga kerja, tapi pengen bebas fiskal. Bisa ngga sih?
Bisa. Caranya adalah :

  1. daftar NPWP kekantor pajak dengan konsekuensi mulai sekarang kudu laporan per tahun dengan nilai nil
  2. jika umur dibawah 21th ikut ortu atau kepala keluarga dengan bukti kertu keluarga
  3. jika umur diatas 21th pake cara 1.
  4. jika istri tidak bekerja > ikut NPWP suami dengan bukti kertu keluarga
  5. lintas batas via darat tanpa NPWP.

C. Saya kerja tapi belum punya NPWP. Bisa ngga bebas fiskal?
Ngga bisa. Solusinya tanya boss (pihak HR) apakah mereka mendaptarkan karyawan kolektif NPWP ketika mencatat gaji. Jika enggak, urus sendiri.

D. Gimana sih prosedur dapet NPWP?
Dateng ke kantor pajak setempat, minta formulir dan diisi. Bisa secara onlen disini http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do

E. Trus gimana dung prosedur bebas fiskal pake NPWP sendiri?
Sebelum ke bandara bikin kopian NPWP dan bawa yang asli ke bagian bebas fiskal di dekat check in. Prosesnya ketika bebas fiskal di bandara :
  1. check in dulu ke airlines untuk dapet boarding card (ituloh seperti tiket tapi ada nomer kursinya dan letak pintu di airport)
  2. kalau dah punya e-boarding card tetep ke check in untuk ngedrop bagasi.
  3. Jangan lupa bayar handling fee untuk keluar negeri. Saat ini 100rebu.
  4. ke konter pajak (BEBAS FISKAL). Isi formulir sambil memberikan dokumen (boarding pass, kopian npwp, kopian paspor, kopian kertu keluarga, kopian kertu identitas etc) petugas akan cocokin data. Jika okeh ia akan memberikan lembar stiker bebas fiskal untuk diserahkan ke petugas imigrasi begitu kita menuju ruang tunggu boarding.
  5. isi formulir departure (warna putih, biasanya dikasih sama mbak2 di konter check in) berisi nama, no paspor, no pesawat dan pernyataan cukai (soal bawaan duit, bawaan non berbahaya, bawaan non organik)
  6. serahkan stiker bebas fiskal dari petugas Pajak tadi ke petugas Imigrasi bersama dengan paspor, boarding pass, formulir departure (diambil separoh, sisanya diisi kalau kita kembali), ketika menuju pesawat.
  7. simpan boarding pas dan formulir departure sebagai bukti kalau pulang nanti.
  8. enjoy...

F. Gimana kalau saya lupa fotokopi dokumen NPWP, paspor etc?
Well, salah sendiri. Kemungkinan petugas akan memaafkan terutama jika baru pertama kali ke LN (pura2 bloon gitu), tapi kalau terus2an petugas akan curiga. Ketauan kok di catatan paspor dan eletronik. (Catatan : selalu ada mesin kopian di kantor pajak & bea cukai di bandara tapi siap2 aja jika si petugas bilang rusak).

G. Gimana kalau saya ditanya soal udah berapa lama pegang NPWP?
Hanya petugas iseng yang akan kroscek begini. Karena begitu diinput data NPWP bakalan ketauan udah berapa lama punya. Jika dia ngotot karena kurang dari sebulan, minta bukti kenapa harus sebulan dengan meminta nomer UU yang berisi itu.

H. Saya belum pernah ke LN dan baru punya NPWP. Bisa bebas fiskalkah?
Dah jelas kan, siapapun yang punya NPWP akan bebas fiskal. Titik.

I. Tapi anak dan istri saya juga belum punya NPWP, bisa ngga bebas fiskal?
Coba deh baca lagi di pertanyaan B.

J. Saya ngga mu punya NPWP. Saat ini dah bekerja tapi ngga mau bayar fiskal. Gimana dung caranya?
Ya udah kelaut ajeee. Keliling Indonesia lebih asoy. Emangnya cuma
luar negeri aja yang asyik. Atoooo.... cari kerja dan tinggal di LN
ajah.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home