Monday, March 26, 2007

Planet Earth : Melihat Bumi Dari Sisi Yang Lain


Ah ya tgl 25 Maret ini di Discovery Channel versi US memutar 11 mini seri Planet Earth. Seri ini hasil kerja bareng BBC-Discovery Channel. Tahun lalu sebenarnya seri ini nongol duluan di BBC dalam format HD (High Definition). Tapi karena ngg punya TV HD yah terpaksa menikmati yang ada. Presenter (atau pengisi suara) adalah Sigourney Weaver (iyah dari Alien itu). Ohya ini adalah karya kedua BBC setelah menghasilkan karya HD monumental Galapagos.

Planet Earth meliput kehidupan bumi di lingkungan yang berbeda. Dari kutub hingga gua yang dalam di Meksiko. Kalau dijumlah ada sekitar 204 lokasi yang dicari untuk mendapatkan hasil terbaik. Membutuhkan 5 tahun mendapatkan keseluruhan episode yang luar biasa.

Untuk Indonesia mereka mengambil dua set yang semuanya berada di Kalimantan. Satu adalah tentang kera macaque yang mengadopsi hidup seperti amphibi yang mampu berenang dan menyelam. Sedang satunya adalah kekayaan laut terumbu karang. Yang luar biasa dari Planet Earth adalah perubahan waktu (time laspe) terumbu karang dengan aneka warna. Dari tertidur hingga siap menghasilkan spora.

Untuk mendapatkan lokasi syuting Planet Earth, import file.kml Google Earth (GE) di site Discovery Channel. Jika membuka dalam GE klik lokasi dan akan terhubungkan dengan mini clips tentang lokasi tadi.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home