Friday, November 10, 2006

Ketika Bertemu dengan Arlene -the Annapurna lady


Bagi yang sudah membaca Annapurna : A Woman's Place baik dalam bahasa Indonesia dan inggris pasti tahu Arlene Blum. Sebagai pimpinan tim wanita Amerika 1978 yang sukses membawa dua pendaki wanita di puncak Annapurna I merupakan pencapaian yang luar biasa. Buku ini mengisahkan aspek-aspek ekspedisi dari ide awal, pencarian dana hingga pendakian itu sendiri. Ekspedisi itu bisa dibilang sukses namun juga sebuah tragedi karena dua orang pendaki Vera W dan Alison hilang dalam percobaan kedua.

Karena itu saya iseng melihat website Arlene. Dan surprise bahwa ia akan berbicara tentang buku barunya Breaking the Trail di sebuah tempat Palo Alto yang ngg jauh dari Sunnyvale -tempat saya nongkrong sekarang. Sore saya datang agak awal karena perlu nyari tempat itu dulu. Ngg lama seorang wanita berbaju hijau etnik dengan kalung senada membuka pintu depan. Saya terhenyak. Ini yah orangnya ?

Setelah yakin baru saya sapa dan kami ngobrol banyak hal. Dari beberapa isi buku yang ingin saya tanyakan juga tentang projects-nya sekarang. Arlene adalah seorang pembicara tentang leadership untuk perusahaan besar di wilayah Silicon Valley ini, terlibat dengan pemerintah Nepal dan India untuk mendidik para sherpa, juga proyek pengadaan air bersih di Burma. Saya memberitahukan bahwa ada tim putri Indonesia yang akan mendaki tahun depan di Mt Everest. Dia surprised bahwa buku Annapurna banyak mendapat sambutan dari orang Indonesia. Ia mengaku banyak menerima email dari orang Indonesia yang membaca bukunya dan merasa terinspirasi oleh kisah perempuan2 ini.



Malam itu Arlene mengisi acara dengan slideshow foto2 nya dari seorang gadis calon doktor biokimia di Univ California Barkeley hingga kisah-kisah pendakiannya melintasi Himalaya. Waaaaa....liat foto-fotonya yang menawan saya ngg mampu bicara. Dalam waktu tiga jam (plus selingan tanya jawab) acara berlangsung santai, menarik dan hidup dengan pertanyaan2 yang menarik. Anehnya sepertinya hanya saya yang pendaki diantara para audience yang memadati ruang kecil itu.

Oleh-olehnya adalah buku Annapurna dengan tanda tangan dan catatan :

To Ambar
May you continue to climb your own mountains. Thanks for your support of woman climbing. -Arlene Blum

Thanks Arlene, you're such inspiring person for me.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home