Wednesday, February 23, 2005

Tips Packing untuk Removal

Saya beruntung mendapatkan jasa removal Crown Relocation yang cabangnya di seluruh dunia (termasuk Jakarta). Pada awalnya mereka mengadakan viewing dengan membuat daftar barang2 yang akan kita bawa. Kita bahkan diberi information pack ttg bagaimana sistem dan operasi mereka, negara tujuan, local Crown people yang responsible thdp pengiriman so on.


Prinsipnya barang membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk tiba di S'pore dan dalam kurun waktu itu kami harus tinggal di service apartment sampai mendapatkan apartment yang definite. Kemudian kita diberi dua minggu (kadang lebih) untuk menyiapkan diri. Dalam masa itu kami membuat semacam sistem untuk sorting. Ada 4 options :

  • barang yang ditinggal
  • barang yang dibuang
  • barang yang dikontainer
  • barang yang dibawa dlm luggage flight untuk firts 30 days


Untuk barang yang ditinggal umumnya meja kursi dan peralatan basic (mesin cuci, mesin pengering, kulkas, freezer, kitchen utensils, beberapa painting yang ngga terlalu berharga)


Untuk barang yang dibuang, ini yang agak susah. Karena sebenarnya ngga dibuang tapi disumbangkan atau dihibahkan. Termasuk baju2 yang masih lumayan ke beberapa charity juga piranti dapur yang kita ngga mungkin gunakan lagi.


Untuk barang yang dikontainer kita sorting lagi berdasar ruangan. Misalnya ruang tamu, ruang tidur, ruang makan dan dapur dst. Oya peraturan di Spore ttg import adalah ngga boleh bawa minuman keras, software dan video akan discan.


Untuk barang yang dibawa adalah keperluan basic. Seperti kita kalo camping plus baju kerja plus dokument penting dan laptop.

Sebelumnya kita harus tanda tangan beberapa dokument ekport ttg contents dan details dari barang2 kita. Berikut tips untuk sorting barang dikontainer :

  • klasifikasikan barang mis : books, CD, mainan, clothes dst. Mencampur adukkan barang dalam box mempersulit identifikasi bagi crew packer
  • untuk barang elektronik usahakan cable dan appliances lainnya dalam satu box, ini memudahkan kita membongkar dan memasang kembali
  • untuk baju dibuat tersendiri, mis ayah, ibu , anak plus mainan. Khusus untuk suite sebaiknya bawa carrier sendiri
  • untuk alat dapur biasanya mereka packing dan memberi tanda fragile. Tapi sebaiknya dikelompokan dalam satu meja memudahkan packer memutuskan apakah dibungkus dengan kertas atau bubble.
  • karena kita suka adventures maka banyak peralatan yang membutuhkan klasifikasi khusus mis : climbing, diving, walking, hang gliding, mountain biking, dst. Biasanya kami taruh dalam tas besar atau rucksak. Alat2 ini lumayan berat karena dari metal jadi sebaiknya memberi tahu packer
  • lucunya sepeda dan roda gliding enggak dipacking cuma dimasukin aja ....

Dengan resep ini kami bisa mempersingkat packing yang biasanya membutuhkan seharian menjadi cuma 3 jam dan sekaligus loading ke kontainer dalam waktu 1 jam. Easy dan efficient !




Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home