Thursday, July 31, 2008

Mlaku-mlaku ke San Francisco dengan BART


Oh bukan Bart Simpson ituh tapi ini adalah system kereta yang menghubungkan kawasan kota suburban dengan San Francisco. BART (Bay Area Rapid Transit) hanyalah salah satu dari beberapa moda transportasi yang melayani wilayah ini.


Rencana saya adalah dari Sunnyvale menuju SF dalam acara Indonesian Day yang diadakan di downtown San Francisco. Dengan menggunakan Peta Trip Planner dari Google yang sekarang berintegrasi dengan “ Public Transit” jadi kelihatan gampang. Google Transit sementara ini hanya memberikan publik transport di US, beberapa di Eropa, Canada dan Australia. Di Asia sendiri baru negara Jepang yang tercover. Lebih enaknya Google Transit memberikan estimasi durasi perjalanan kesana termasuk biaya. Yang terakhir ini cukup membuat saya mikir dua kali naik mobil ke SF. Dengan angkutan umum cuma bayar $9.75 vs $24.31 (belum termasuk parkir yang mencekik di SF).

Sebenarnya ada dua alternatif menuju SF dengan kereta. Yakni BART dan Caltrain. Jaringan BART Selatan Bay Area dimulai dari stasiun Milbrae, lumayan jauh dari rumah. Untuk mencapai sana saya kudu naik Caltrain dulu kemudian pindah peron. Tapi sebenarnya Caltrain ini bisa langsung ke SF cuman frekuensi kereta yang jarang (perjam weekend). Beda dengan BART yang tiap 20 menit.

Berangkat cuma jalan kaki ke stasiun Sunnyvale. Mayanlah..20 menit. Tadinya kepikir untuk bawa sepeda saja (disediakan kompartemen khusus sepeda) tapi berhubung bawaan kamera dll yah kita coba jalan dulu. Tepat 10:14 hingga turun 10:58 di Milbrae. Akibat delay 6 menit jadi telat juga ambil BART.


Caltrain ini adalah kereta dengan dua tingkat. Jadi lebih tinggi dan sedikit lebih leluasa. Di bangku atas bahkan tersedia colokan listrik bagi kaum komuter yang sibuk. Sedangkan BART masih dengan konsep lama seperti kereta urban lain. Yang asik sih keduanya tetap memperbolehkan sepeda walau dengan tempat khusus.

Koneksi antara BART-Caltrain gampang sekali. Semua tiket dijual dengan mesin, ngga ada manusianya. Hanya pas naik kereta barulah dicek satu persatu. Kereta BART saya kayaknya bikinan lama. Kaca ngga double glazed jadi insulasi akustik ngga bagus. Kenceng banget suara dari luar terutama jika berada di terowongan. Sabtu itu lumayan penuh, apalagi mendekati kota SF.

Yang menguntungkan naik BART ketimbang Caltrain adalah letak stasiun akhir. Kalau naik BART dijamin gampang keliling kota karena diturunkan di sepanjang Market St. Sedangkan Caltrain turun di King St, sekitar 8 blok jaraknya. Nah kenapa tadi saya kepikir sepeda yak karena itulah alasannya.

Saya memilih Montgomery Station semata-mata pengen jalan lewat Saks Fifth Avenue. Ada apa disini? Halah kalau mau shopping ya silakan dipuasin. Sepanjang Post St bisa milih apa aja. Saya? He he he…mana mau jadi korban globalisasi atau “brandwashing”

Sesampai Union St menikmati tarian dan musik Indonesia sambil makan rendang dan sayur gori. Ehee ketemu Jenn yang mencangklong kamera (aaah…sempat salah tebak orang loh). Beli cendol bareng hingga saya memutuskan menuju Marina District. Dari Union Square mlumpat saja naik tram legendaries itu. Kalau berani ya gandulan ditepinya. Bayarnya $4 per orang, nyampe di tepi dermaga pas menghadap Alcatraz itu.


Karena pengen liat view, saya belain jalan kaki ke Fort Mason. Hari itu sedang ada Festival of Sail dengan adegan battle on the sea. Ada dua kapal layar kuno berhadapan dengan dentuman meriam. Sambil jalan saya bisa melihat papan nama Ghiradelli gede banget. Yup ini adalah Chocolate Factory di kota SF. Sekalian disambangi walau ternyata enggak seperti Cadbury World di Birmingham Inggris.

Saya putuskan pulang dengan Caltrain aja deh. Tapi ngga mau ambil tram. Kenapa? Antrinya itu panjaaaaang banget. Tahun lalu dibelain ngantri karena dingin banget apalagi melihat bagaimana tram tadi diputar untuk setiap memulai rute baru. Yaks…akhirnya memilih pake bis elektrik atau disebut Muni Metro menuju daerah Embarcadero. Elektrik bis ini nyaman banget dengan kursi dan interior kuno. Bentuknya yang seperti VW Beetle terkesan antik. Cat warna kuning kliatan ngejreng banget.

Turun dari Muni saya milih jalan aja sambil melihat pemandangan banyak pelabuhan SF yang membujur. Karena bukan jalur turis, rasanya nyaman dinikmati sore hari. Yang menurut saya agak impressive adalah jalan dibawah jembatan SF-Oakland Bay Bridge yang membujur tinggi. Struktur yang menawan ngga kalah dengan jembatan SF merah yang terkenal itu.

Lewatlah saya di stadion baseball Giants. Pendukung setia klub ini mulai berduyun-duyun datang. Ohya disini gampang banget ditemui calo tiket. Sambil menahan laper, trus aja menuju stasiun Caltrain yang letaknya ngga jauh dari stadion.

Tepat pukul 7 sore, Caltrain membawa saya balik lagi ke Sunnyvale. Kali ini hanya sekitar 1 jam 15 menit.




Summary :

Moda transport kereta di Silicon Valley area
VTA (termasuk bis)
Caltrain
BART

Moda transpot kereta di kota San Francisco :
Muni Metro
Tram atau Cable Cars

More about Google Transit

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home