Friday, January 11, 2008

Middle Earth 3 : Mengenang Sir Edmund Hillary

Aneh sekali. Baru kemarin (10 January 2008) saya mengunjungi Museum Sir Hillary yang diresmikan dua minggu lalu di Aoraki Mt Cook Village. Dan saat ini saya sedang duduk memandang gunung Aoraki sembari mengagumi usaha kerasnya menjadikan Mt Cook Ranges sebagai ajang latihan prior ekspedisi Everest.

Sir Hillary bukan saja seorang mountaineer yang hebat tapi kepribadian yang sangat bijak dan sederhana. beliau juga diingat akan usahanya memajukan pendidikan anak2 di Nepal dengan Himalaya Trust. Walau kehilangan Julie istrinya dan anak perempuan dalam kecelakaaan tragis di Nepal, Sir Ed (nama akrabnya) masih terus mengabdikan hidup hingga akhir hayatnya.

Di depan Museum terdapat patung tembaga Hillary yang menatap Mt Cook dengan tersenyum. Saya sedih tapi dengan berbahagia menyambut kehidupannya yang akan menjadi sebuah tauladan bagi siapapun. Saya beruntung sedang berada di kaki Aoraki Mt Cook di cafe Old Mountaineer's yang diresmikan Sir Hillary July 2003. Sebuah tempat yang nyaman dengan pemandangan mendebarkan. Di dinding yang dilapisi kayu terdapat memento photo2 awal ekspedisi Mt Cook oleh guide pertama NZ dan juga photografer handal James Adamson. Benda seperti ice axe, crampons, ransel dan ski board juga terpampang disini. Dalam situasi seperti akhir 1880.

Sebuah pigura ditanda tangani Sir Ed diatas perapian di sudut ruangan yang nyaman dengan perapian. Suasana begitu gloomy, seperti cuaca hari ini yang meneteskan hujan dengan angin yang menderu. Menunjukkan sungkawa atas kepergian putra terbaik New Zealand.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home